Senin, 07 Agustus 2017

Artikel Trending | Kelemahan & Kelebihan

Gambar : AdventureTime.wikia.com

Saat ini blogging merupakan kegiatan menulis yang tak jarang di jadikan pekerjaan sampingan ataupun sekedar hobi oleh sebagian sobat di internet. Menulis, optimasi, blog-walking dan merawat blog merupakan kegiatan utama kita sebagai blogger demi kenyamanan pembaca dan menjaga agar blog tetap ramah mesin pencari.

Dengan pemilihan & penulisan artikel yang baik, optimasi dan perawatan yang rutin, kemungkinan blog kita akan mendapat trafik yang bertambah seiring waktu. Saya katakan seiring waktu, karena jika blog kita memiliki artikel yang berkualitas, peringkat di mesin pencari pasti akan naik dan makin banyak pengunjung yang meng-klik url artikel. Mesin pencari manapun akan menaikkan posisi suatu artikel jika banyak yang mengunjungi. 

Tapi, bagaimana jika trafik tak kunjung bertambah?
Bulan pertama ngeblog wajar saja kalau blog masih sangat sepi karena perlu waktu agar blog benar-benar terindeks, bulan kedua paling tidak blog sudah terindeks sepenuhnya di mesin pencari. Kalau update tiap hari, bulan ketiga paling tidak ada 50-200 pengunjung (bukan tampilan halaman).

Solusinya adalah dengan menulis tentang hal-hal yang sedang trending, otomatis banyak orang yang mencari tentang hal-hal itu. Seperti lagu Despacito yang menuai kontriversi karena makna -nya, maka banyak yang ingin tahu apa makna-nya. Atau Kaesang yang dilaporkan ke polisi karena video yang dianggap menyinggung. Atau konspirasi bumi datar, atau pernikahan Slamet dan Nenek Rohaya, atau, atau, atau....
Pokoknya tulis saja apa yang menjadi trend, kasus kriminal, pernikahan beda usia atau hal-hal kontroversial lainnya. 

Tunggu dulu
Tapi ada kekurangan dibalik artikel semacam ini, belum tentu blog kita masuk halaman satu kalau banyak situs lain yang memuat artikel serupa apalagi dengan judul yang sama. Apalagi lama-kelamaan semakin jarang yang berminat untuk mencari, entah karena semua orang sudah tau dan sudah bosan, atau ada trend baru.

Kalau niat kita hanya mencari trafik dalam waktu singkat, maka konten seperti ini layak ditulis. Tapi, kalau niat kita untuk menghasilkan artikel berkualitas yang akan terus mendatangkan pengunjung meski sudah bertaun-tahun, pikir-pikir dulu, lebih baik menulis artikel yang bersifat "abadi."

6 komentar:

  1. Dulu pertamakali punya blog hal pertama yang ada dipikiran hanya menaikkan traffic. Maklum karena masih newbie. Menaikkan traffic ternyata tidak semudah membalikkan kedua telapak tangan. Harus butuh kesabaran dan ketekunan mengolah suatu blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya termasuk nyubi mas, soalnya trafik masih ingin saya tingkatkan. meski sudah blogging sejak 2013/14 yang lalu

      Hapus
  2. kalau trafik naik atau bertahan itu pasti seneng kita ya mas, tapi kalau dah turun aduh, pening kali

    BalasHapus
  3. Setuju, dengan menulis artikel yang bersifat abadi, pasti akan terus dicari orang. Meskipun sudah bertahun-tahun lamanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dan itulah namanya membangun website, tak ada cara instan

      Hapus