Kamis, 11 Mei 2017

Alasan Kenapa kita perlu tidur

 Gambar : ihuffost.com - huffingtonpost


Kenapa kita tidur?
Saat kita tidur tubuh dan pikiran beristirahat, itulah yang selama ini kita pikir. Tapi, selama kita tidur terjadi banyak proses penting di dalam tubuh kita. Hal ini menjadi misteri untuk banyak orang meski ilmuan menyatakan jika tidur memiliki fungsi yang penting dan berguna untuk kesehatan.

Peran utama tidur adalah untuk memadatkan, memperkuat dan menghapuskan ingatan yang tidak perlu. Karena saat kita bangun, otak kita mengambil banyak informasi, semua infromasi ini tidaklah langsung disimpan begitu saja. Pikiran dan memori yang kita dapat saat terjaga akan di proses dan disimpan, saat tidurlah proses ini terjadi.

Saat kita tidur, semua potongan informasi ditransfer dari ingatan jangka pendek yang lebih tentatif ke ingatan jangka panjang yang lebih kuat, sebuah proses yang disebut konsolidasi. Riset juga menunjukkan bahwa setelah tidur, orang cenderung menyimpan informasi dan memori dengan lebih baik.

Mengingat pentingnya peran istirahat ini, lalu apa sih dampak buruk atau dampak negatif yang ditimbulkan jika kita kurang tidur. Kurang tidur tentu saja akan membuat kamu mengantuk, mudah sakit, terlihat berantakan, resiko penyakit jantung dan diabetes, stroke serta gangguan kesehatan lainnya yang berhubungan dengan fisik maupun mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar