Kamis, 11 Mei 2017

Alasan Kenapa matahari termasuk bintang

Gambar : colourbox.com

Matahari dianggap dan termasuk kategori bintang karena baik bintang ataupun matahari terbuat dari bahan yang sama serta memiliki karakteristik yang sama satu sama lain. Awalnya matahari dianggap sebagai objek angkasa yang paling terang, tentu saja hal ini menjadikan matahari sangat spesial dibading bintang.

Hingga suatu waktu, astronomer mengetahui bahwa bintang adalah objek yang sama seperti matahari namun memiliki jarak yang sangat jauh. Karena hal ini, para astronom menyimpulkan jika matahari berjarak sangat jauh dibanding sekarang, maka matahari akan terlihat sama seperti bintang, hanya setitik cahaya terang. Karena jaraknya yang tidak sejauh bintang lainlah matahari terlihat berbeda dengan bintang lainnya.

Jadi apasih yang membuat sebuah bintang itu disebut atau dipanggil matahari?

Sebuah bintang disebut dan termasuk matahari jika menjadi pusat dari tata surya atau sistem planet. Contohnya bintang yang kini menjadi pusat tata surya dimana bumi kita mengorbit, matahari. Jika bintang tidak memiliki planet yang mengorbit, maka bintang itu bukanlah matahari. Sebaliknya matahari pastilah sebuah bintang karena pada dasarnya matahari adalah objek yang berbahan sama, hidrogen dan helium.

Astronom telah menemukan planet dalam jumlah besar yang mengorbit bintang yang menjadikan bintang tadi senasib dengan bintang yang kita punya hingga dipanggil dengan sebutan matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar