Sabtu, 20 Mei 2017

Kenapa bulan disebut satelit alami bumi


Sumber gambar : https://solarsystem.nasa.gov

Kenapasih bulan disebut satelit bumi?

Satelit merupakan apa saja yang mengorbit objek berukuran besar, satelit alami merupakan benda angkasa (bukan buatan) yang mengorbit benda angkasa yang berukuran lebih besar. Bulan disebut satelit karena mengorbit planet.

Singkatnya bulan adalah benda angkasa yang mengelilingi planet, sementara satelit adalah apa saja yang mengelilingi planet. Jadi satelit nasa tidak termasuk bulan dong? :D hahaha...

Satelit yang kita gunakan untuk berkomunikasi tentunya buatan kita sendiri, disebut satelit buatan. Satelit buatan seperti satelit nasa sudah banyak yang mengorbit bumi, jumlahnya ratusan.

Bulan kita mengorbit bumi setiap 27.3 hari dan waktu orbit ini disebut periode bintang. Sementara waktu dari satu bulan penuh ke bulan berikutnya adalah 29.5 hari dan disebut periode sinode, terjadi karena perubahan sudut bumi berputar mengelilingi matahari.

Fakta unik bulan kita :
Dari bumi kita melihat bulan terbit dari timur sama seperti matahari, padahal, sebenarnya bulan mengorbit dengan arah sebaliknya. Hal ini terjadi karena rotasi bumi yang sangat cepat sehingga kita melihat bulan mengelilingi bumi dari timur ke barat, meski bulan mengorbit dari barat ke timur. Wajar saja, bumi berputar sekali setiap harinya. Jadi inilah alasannya satu bulan bukan satu kali bulan mengorbit matahari.

1 komentar:

  1. Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2QTudQW

    BalasHapus