Jumat, 21 Juli 2017

Penjelasan Clickbait dan dampaknya


Apa itu clickbait?
Clickbait merupakan konten di sebuah situs dengan tujuan utama menarik perhatian dan membuat penasaran agar link tersebut di-klik. Biasanya berupa link dengan judul dan gambar preview yang menarik. Dalam banyak kasus, clickbait hanyalah konten web yang bertujuan mendapat klik karena seringnya judul dan isi konten jauh berbeda.

Mulai dari website, YouTube, blog, sampai feed berita di browser ponsel pintar, sangat mudah kita temui artikel dengan judul yang "wah". Untuk youtube sendiri berupa video dengan judul dan thumbnail yang menarik.

Selain itu, clickbait atau click bait merupakan istilah untuk menggambarkan link di sebuah halaman web yang menarik pengunjung untuk membaca artikel secara keseluruhan. Biasanya link clickbait akan meneruskan pengguna yang bertujuan untuk menambah jumlah tampilan situs.
Sebagian besar link clickbait memiliki judul utama yang menarik atau provokatif yang sulit ditolak dan sering kali sedikit atau tidak ada hubungannya dengan konten web sebenarnya.

Contoh :
Judul non-clickbait : Pertemuan presiden Jokowi dan Donald Trump
Judul clickbait : Mengejutkan!! Begini pertemuan presiden Jokowi dan Donald Trump

Seberapa ampuh clickbait?
Jika clickbait dibuat dengan benar dan menarik, hampir bisa dipastikan orang akan mengunjungi halaman tersebut. Jika niat hanya untuk mengalihkan trafik ke halaman, clickbait bisa membantu. Tapi, jika pengunjung merasa tertipu atau informasi di halaman tidak sesuai judulnya otomatis mereka akan segera pergi dan pengguna clickbait akan kehilangan kepercayaan.

Lebih baik membuat artikel atau video yang bagus dulu, untuk mendapat tampilan, tidak perlu membuat judul yang super menarik kalau kontennya berbeda atau tidak nyambung.

5 komentar:

  1. saya setuju dengan pendapat mas, apa adanya aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, berlebihan tak pernah baik

      Hapus
    2. yang terlalu apa adanya tidak ada yang melirik.

      Hapus
  2. kadang, berita hoax yang seperti itu ya mas. terjebak di judul yang menghebohkan

    BalasHapus
  3. Saya selalu membuat bombastis dalam membuat judul artikel maupun judul/gambar di youtube, memang hasilnya sungguh luar biasa. Memaksa pengunjung untuk datang, tapi akhrinya ketagiihan juga. Kerena isinya tidak ada yang menipu.

    BalasHapus