Selasa, 18 Juli 2017

10 Fakta unik dan mencengangkan Indonesia




Saya rangkum dari berbagai sumber dan sebagian dari riset sendiri, berikut adalah fakta-fakta unik, menarik, mencengangkan sampai yang jarang di ketahui tentang Indonesia.

1. Warung dan bensin
Pasti sudah tahu kalau di Indonesia ada banyak yang namanya warung atau kios dan ada banyak kios yang menjual bensin eceran.

2. Jumlah pulau
Seperti yang kita tahu, negara kita merupakan negara kepualuan dengan ribuan pulau. Total 17.508 pulau dan sekitar +/- 6000 di antaranya sudah berpenghuni. Sementara itu pulau yang tidak di huni biasanya terlalu kecil, tidak bersahabat ataupun belum ada yang berniat tinggal di sana karena terlalu sulit untuk di jangkau.

3. Gender dan pekerjaan
Di Indonesia, pria merupakan orang yang bertanggung jawab atas perekonomian rumah tangga, mirip di negara lain ya. Tapi tak jarang wanita khususnya yang belum menikah bekerja dan menekuni karir. Dan pasti semua sudah tahu kalau pekerja salon kebanyakan laki-laki yang gemulai (banci).

4. Penghasilan rata-rata
Pendapatan per kapita negara kita Rp 47,96 juta, atau 4 juta perbulan. Indonesia juga anggota dari G20 (Organisasi untuk kemajuan ekonomi dunia), meski begitu nyatanya masih banyak penduduk di negara kita yang berpenghasilan di bawah 30.000 rupiah perhari.

5. Merk dan harga rokok
Sebagai salah satu penghasil tembakau terbesar, Indonesia memiliki merk dagang rokok terbanyak. Mulai dari perusahaan yang memproduksi berbagai merk sampai industri rokok rumahan juga menambah banyaknya merk dagang dan harga rokok di Indonesia terbilang murah di bandingkan harga di negara lain yang bisa 5 kali lipat.

6. Fasilitas umum rusak atau hilang
Di Indonesia telepon umum seolah hanya pajangan, sementara di negara lain seperti Jepang ada dimana-mana. Halte bus biasanya di biarkan kotor sampai petugas yang membersihkan, penanda jalan yang hilang, tiang listrik hilang dan masih banyak lagi fasilitas umum yang menjadi korban masyarakat yang tidak bertanggung jawab. Untungnya sudah jarang ya.

7. Budaya
Orang Indonesia sangat bangga pada budaya sendiri, sebagian berbudaya ke-barat baratan, rutin memperkenalkan budaya Indonesia ke negara lain dan sebagian tidak mencintai budaya sendiri.

8. Pendemo
Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pendemo terbanyak di dunia, sebagian besar merupakan mahasiswa dan organisasi. Namun sayang jumlah aktivis tidak begitu banyak karena bergerak sendirian sangat sulit di negara ini.

9. Musik
Industri musik di Indonesia sedang muram-muramnya, meski begitu masih ada beberapa musisi yang menghadirkan karya-karya berkualitas. Dan biasanya yang berkualitas lebih di hargai di luar negeri.

10. Plagiarisme dan Copy-Paste
Mulai dari lagu k-pop, lagu barat, sinetron, ftv dan masih banyak lagi hal yang di jiplak ada di Indonesai. Bahkan tiruan gedget pun ada meski buatan luar negeri, ini bukti kita masih suka yang palsu-palsu ya?

Diss-honorable mention : Copy-paste dan hoax
Dalam kasus peredaran berita palsu dan hoax sangat erat kaitannya dengan copy-paste. Bagaimana tidak, ada banyak berita yang tersebar bersumber dari situs parodi (humor) yang tujuannya dan keasliannya berbeda dengan situs berita asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar