Selasa, 15 Agustus 2017

Anda tidak akan percara 10 alasan saya benci Clickbait



1. Setelah menghabiskan waktu selama beberapa menit, dan copy-paste artikel dari google, berikut ini alasan benci clickbait.
Anda tidak akan percaya apa yang akan saya lakukan selanjutnya : Saya tulis.

2. Hal terburuk tentang clickbait, baik berupa video ataupun artikel adalah judul yang menyesatkan. Judul dan thumbnail menjajikan konten yang bikin penasaran, tapi isinya... Suara google translate, konten curian, atau konten yang tidak ada hubungannya dengan judul yang dibuat.

3. Orang yang membuat judul clickbait, menganggap kamu bodoh, cukup bodoh sampai kamu membaca artikel atau menonton videonya. (saya juga bodoh).

4. Hal paling menjengkelkan tentang clickbait adalah iklan, apalagi video dengan durasi di atas 10 menit, pemilik channel bisa memasang banyak iklan. untuk konten berupa tulisan, biasanya iklan bisa menutupi halaman dan membuat loading lama.

5. Yang satu ini jangan sampai ditiru, kadang, judul clickbait itu seperti : 5 alasan Amerika takut menyerang Indonesia. Judul seperti ini bisa memicu perang, dan apa kamu tau alasan amerika takut menyerang indonesia : karena tidak ada alasan untuk menyerang indonesai.

6. Berlebihan, 10 Kafe teraneh di dunia, kafe di samping kost'an saya lebih aneh dari 10 kafe di artikel atau video itu.

7. Saat orang merasa tertipu, mungkin suatu saat ada video yang berguna, tapi karena judul yang sama, mereka sudah tidak percaya.

8. Waktu saya masih SD, saya pernah mengejek teman sekelas saya : "Dasar Taik Sapi", padahal saya sendiri jarang mandi dan bau badan saya seperti taik ayam.

9. Hal paling mengeherankan, meski judul yang lebay dan banyak yang pernah tertipu, masih aja ada yang tertipu lagi. Bukan masalah dislike videonya, atau komentar dengan kata-kata kasar di website-nya, tapi orang yang upload video atau yang buat artikel, tetap dapat bayaran.

10. Anda masih tertipu dan mereka tetap dapat uang.

Sekarang, jangan salah sangka - Saya suka judul yang menarik perhatian, saya juga pernah pakai judul seperti itu. Tapi ada bedanya antara konten yang menarik sama konten yang menipu.

Clickbait adalah penghinaan menyeluruh terhadap kecerdasan manusia. Tujuan utamanya adalah untuk mendapat tampilan atau view yang banyak, kualitas konten, itu nomer dua, yang di utamakan adalah uang.
Mendapat uang dari 'adsense' memang menjadi tujuan sebagian penulis dan konten kreator di internet. Tapi terkadang untuk mendapat banyak tampilan, mereka menggunakan cara curang dengan judul yang "missleading".

2 komentar:

  1. NAh itu sudah menjadi tradisi dalam mencari dolar di dunia maya ,semuanya demi uang. Pemancing penasaran orang untuk berkunjung, walau akhirnya tertipu juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda juga sudah tertipu, ini artikel copas

      Hapus