Kamis, 10 Agustus 2017

3 Penyebab Orang Mudah Tersinggung



Tidak peduli seberapa pintar, seberapa tua, dan seberapa hebatnya seseorang, akan tetap terlihat jelek kalau [sangat] mudah tersinggung. Ketidaktahuan, kurang dewasa dan kurangnya komunikasi yang baik adalah alasan kenapa banyak orang mudah tersinggung.

3 hal utama penyebab orang mudah tersinggung.

Kurang pengetahuan
Beberapa dari kita mungkin pernah menganggap orang yang mudah tersinggung merupakan orang bodoh. Tunggu! sebenarnya hal ini disebabkan oleh ketidaktahuan, atau kurangnya pengetahuan seseorang dengan hal yang dibicarakan orang lain. Orang bahas hal ini, dia tersinggung, padahal belum tentu yang dibahas ada hubungannya sama dia. Dengan kurangnya pengetahuan, otomatis pemahaman juga kurang, ya kan?. Orang seperti ini sangat mudah tersinggung karena dia tidak mengerti tentang apa yang orang lain bicarakan.
Tapi beda kisah kalau orang yang tersinggung memang bodoh, susah jadinya. Kita cuma bisa berhati-hati dalam berbicara saat ada dia. Menambah pengetahuan bisa menghindari "insiden" tersinggung, tapi kalau memang bodoh, ya mau bagaimana lagi? 

Sifat Kurang dewasa
Kurang dewasa hampir sama dengan sikap cuek atau tak mau tahu apa yang coba disampaikan orang. kedewasaan berperan penting dalam penerapan informasi yang didapat. Kemanpuan untuk menerapkan informasi membedakan antara ketidaktahuan dan kurang dewasa. Dengan sikap cuek atau ketidaktahuan, kita tidak tahu informasi apa yang sampai dalam kata-kata yang kita terima. Kalau kurang dewasa, kita punya informasinya, hanya saja tidak tahu cara menerapkannya, apakah dengan konteks, dengan sudut pandang tertentu. 

Salah sambung atau sinyal jelek
Kurang logis rasanya kalau kita bicara tentang monyet, teman kita malah marah-marah atau minimal ngambek. Dengan kurangnya komunikasi, salah sambung bisa terjadi. Kita hanya bisa berbicara dengan jelas tanpa ada kalimat yang harus mereka interpretasi atau kalau saya "dicari maknanya."
Keadaan akan jadi rumit saat salah sambung terjadi, kata-kata jadi miring dan niat serta makna lenyap seketika. Inilah alasan utama seseorang bisa tersinggung.

Saya sendiri orangnya mudah tersinggung, kalau kata warganet luar negeri, "butthurt". Yup, seolah pantat ada yang cubit :D... huahaaaahihihi
Karena itulah saya mencoba mencari maksud lain dari ucapan yang saya terima saat saya merasa tersinggung (kalau masih sadar). Kebiasaan ini membuat saya banyak diam dan lebih banyak mendengarkan.
Buat anda yang mudah tersinggung, tarik nafas dan tenanglah. Ingat saja kalau anda bukanlah orang bodoh yang akan terus tersinggung.

8 komentar:

  1. Kurang pengetahuan dan sinyal jelek. Hal yang lumrah jika manusia mudah tersinggung. Watak manusia kan memang dasarnya sensitif.
    Jika dipuji kadang lupa diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus orang Indonesia, sangat mudah tersinggung :lol

      Hapus
  2. Kalau gitu saya tipe yang mana ya? Oh saya harus banyak mengumpulkan ilmu biar nggk mudah tersinggung haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebagai manusia memang harus belajar.hehe

      Hapus
  3. Mudah tersinggung itu lumrah apa lagi seorang wanita kalau pas badmood datang.. Hehe

    BalasHapus
  4. Mudah tersinggung ya, kalo gue selagi itu masih wajar ya tidak apa.
    tapi kalo udah sampai ke hal yang lebih, ngomongannya kenak dihati, ya gue tersinggung juga sih.

    BalasHapus