Kamis, 11 Mei 2017

Apa itu Pulsar dan Quasar?

Meski pun memiliki nama yang sedikit mirip dan seringkali kita melihat tayangan yang menjelaskan tentang pulsar dan quasar yang mana kita merasakan ada persamaan bahkan mungkin ada diantara kita yang menganggap kedua objek raksasa ini sama - berikut adalah penjelasan tentang keduanya.

Pulsar

 Gambar : pulsar - physics-astronomy.com

Pulsar adalah singkatan dari pulsating star (bintang berdenyut), merupakan bintang neutron yang berputar/berotasi dengan cepat secara berulang. Pulsar adalah sisa dari ledakan supernova atau kematian bintang masif yang tentunya jauh lebih besar dari matahari kita.
Pulsar memiliki medan magnet yang sangat kuat, menembakkan pancaran radiasi yang melintasi ruang angkasa. Ketika radiasi ini sampai ke bumi, biasanya muncul sebagai ledakan cahaya kasat mata atau pun sinar x dan gelombang radio.

Biasanya pulsar terlihat seperti bintang yang kelap-kelip karena  rotasinya. Pulsar bukanlah bintang hidup dan aktif -  termasuk kedalam kategori bintang neutron yang terbentuk saat bintang yang lebih masif daripada matahari kehabisan bahan bakar pada intinya dan "runtuh" karena gravitasinya sendiri. Matinya sebuah bintang menciptakan ledakan yang disebut supernova - bintang neutron adalah benda padat yang tersisa setelah supernova.


(Supernova lebih sering menyisakan bintang neutron daripada lubang hitam. )

Quasar
 
Gambar : quasar -  source.wustl.edu

Quasar merupakan inti galaksi aktif dengan pancaran energi yang sangat tinggi. Sebuah quasar terdiri dari lubang hitam supermasif yang dikelilingi oleh cakram akresi gas yang mengorbit. Saat gas di cakram akresi jatuh ke arah lubang hitam, energi dilepaskan dalam bentuk elektromagnetik.

Quasar memancarkan energi melintasi spektrum elektromagnetik dan dapat diamati pada gelombang radio, inframerah, cahaya yang terlihat, untraviolet dan sinar x.

7 komentar:

  1. itu memang pernah dilacak oleh NASA ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya ga, masih berlanjut

      Hapus
    2. sory typo........

      selalu dilacak gan, soalnya bisa aja ditemukan kapan saja

      Hapus
  2. hmmm kuasar itu di pusat bimasakti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pusat galaxi spiral gan

      semua galaxi spiral punya nuclea (inti)

      Hapus
  3. Apa bisa buat penentuan waktu yang lebih efektif daripada matahari dan bulan? (Itu ada di soal astronomi) :)

    BalasHapus
  4. Blazar sama Pulsar kuatan mana ya bang(dampaknya terhadap semesta)

    BalasHapus